Minggu, 27 Februari 2011

Keterbatasan Laporan Keuangan

Keuangan Konsolidasi adalah alat utama yang digunakan untuk menyampaikan keadaan ekonomi dari suatu entitas yang individu membantu membuat keputusan yang tepat. The important financial statements produced by an entity are the balance sheet, income statement, statement of changes in owner's equity and statement of cash flows. Laporan keuangan penting yang dihasilkan oleh suatu entitas adalah neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas pemilik dan laporan arus kas. These statements are produced considering the concepts of consistency, full disclosure, materiality and conservatism. Laporan yang dihasilkan mempertimbangkan konsep konsistensi, pengungkapan penuh, materialitas dan konservatisme. They provide a solid picture of an entity's performance and with comparative statements for consecutive years, the users of financial statements can easily spot changes in the entity's financial position and in the results of its operation. Mereka memberikan gambaran yang solid kinerja entitas dan dengan laporan perbandingan untuk tahun berturut-turut, para pengguna laporan keuangan dapat dengan mudah mengenali perubahan posisi keuangan entitas dan hasil operasi.
However there are a lot of limitations with the current financial statements. Namun ada banyak keterbatasan dengan laporan keuangan saat ini. They convey good details about the quantitative economic data but do not address any of the qualitative economic variables. Mereka menyampaikan informasi yang baik mengenai data ekonomi kuantitatif tetapi tidak alamat salah satu variabel ekonomi kualitatif. Qualitative attributes such as the morale of the employee force or the quality of the management team are some of the critical factors that are relevant to the decisions and judgments that the financial statment user is making. Atribut kualitatif seperti moral angkatan kerja atau kualitas tim manajemen adalah beberapa faktor kritis yang relevan dengan keputusan dan penilaian bahwa pengguna laporan keuangan adalah membuat. The current accounting process has no way of measuring the value of these intangible assets. Proses akuntansi saat ini tidak memiliki cara untuk mengukur nilai dari aset tidak berwujud. Hence, even though the entity's human resources and information resources are its most valuable assets, they are ignored in the financial statements. Oleh karena itu, meskipun sumber daya manusia dan sumber daya entitas informasi adalah aset yang paling berharga, mereka diabaikan dalam laporan keuangan. Similarly trademarks and brand value of a company are not recorded as assets. Demikian pula merek dagang dan nilai merek perusahaan tidak dicatat sebagai aset. Brand value of a company is built over time and has a lot of economic value. Merek nilai perusahaan dibangun dari waktu ke waktu dan memiliki banyak nilai ekonomi.
Assets are always valued at their original price. Aktiva selalu dinilai dengan harga aslinya. Even if the value of an asset has significantly increased over time, it is still reported at the original cost. Bahkan jika nilai aset secara signifikan meningkat dari waktu ke waktu, itu masih dilaporkan pada biaya asli. The value of land has significantly risen over the past few decades, but entities still report it at the original cost for which they had bought it. Nilai tanah secara signifikan meningkat selama beberapa dekade terakhir, namun masih entitas laporan pada harga asli yang mereka telah membelinya. Impact of inflation is also not considered when preparing financial statements. Dampak inflasi juga tidak dipertimbangkan ketika mempersiapkan laporan keuangan. The impact to the usefulness of financial statements is negligible when inflation is low but it is significantly higher when inflation rate reaches 10% or more. Dampak terhadap kegunaan laporan keuangan diabaikan ketika inflasi rendah tetapi secara signifikan lebih tinggi bila tingkat inflasi mencapai 10% atau lebih. A typical example is that the cost of goods sold reflects original cost even though the cost of replacement might be significantly higher. Sebuah contoh khas adalah bahwa biaya pokok penjualan mencerminkan biaya aslinya meskipun biaya penggantian mungkin akan secara signifikan lebih tinggi.
Another limitation of financial statements is that it does not capture important changes in the market place and industry and hence sudden deviation in the financial performance of an entity is not addressed in the right context. Lain keterbatasan laporan keuangan adalah bahwa hal itu tidak menangkap perubahan penting dalam pasar dan industri dan penyimpangan maka tiba-tiba pada kinerja keuangan suatu entitas tidak ditujukan dalam konteks yang tepat. This can mislead a lot of individuals from making the right decisions. Hal ini dapat menyesatkan banyak orang dari membuat keputusan yang tepat.
A key factor for understanding the financial standing of a company is by comparing it with competitors in the same industry. Faktor kunci untuk memahami berdiri keuangan perusahaan adalah dengan membandingkan dengan pesaing di industri yang sama. Comparability between firms using different accounting techniques is very difficult and with the current globalization this becomes even more complicated as accounting standards are different across the world. Perbandingan antara perusahaan dengan menggunakan teknik akuntansi yang berbeda adalah sangat sulit dan dengan globalisasi saat ini menjadi lebih rumit sebagai standar akuntansi yang berbeda di seluruh dunia.
Financial statements also do not reflect opportunity cost. Laporan keuangan juga tidak mencerminkan biaya kesempatan. This concept is related to income forgone because an opportunity to earn income was not pursued. Konsep ini berkaitan dengan pendapatan yang hilang karena kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tidak dikejar. The significance of this can be very high for companies with huge assets. Signifikansi hal ini bisa sangat tinggi untuk perusahaan dengan aset besar.
Another key limitation of financial statements is that it is based on estimates. Keterbatasan lain kunci laporan keuangan adalah bahwa hal itu didasarkan pada perkiraan. The only known fact about estimates is that it is not the original value. Fakta hanya diketahui tentang perkiraan adalah bahwa hal itu bukan nilai asli. Even though estimates are made with the best of the tools available, they are still estimates. Meskipun estimasi yang dibuat dengan yang terbaik dari alat yang tersedia, mereka masih perkiraan.
The most important limitation of financial statements is that it currently describes only one thing very well and that is how efficiently an entity is performing with the available assets. Keterbatasan yang paling penting dari laporan keuangan adalah bahwa saat ini hanya menjelaskan satu hal yang sangat baik dan itu adalah bagaimana efisien suatu entitas yang tampil dengan aset yang tersedia. This is definetly required and important but the real strength of an entity is actually measured not just on its performance efficiency but on its Innovation Quotient. Ini jelas diperlukan dan penting tetapi kekuatan yang nyata dari suatu entitas sebenarnya diukur tidak hanya pada performa efisiensi tetapi pada perusahaan Inovasi Quotient. This key measurement is not available in the financial statements. Pengukuran ini kunci tidak tersedia dalam laporan keuangan. In order for an entity to be more innovative, it needs to spend more time and money on research and try to do things that deviate from the standard path. Agar suatu entitas untuk lebih inovatif, maka perlu menghabiskan lebih banyak waktu dan uang untuk penelitian dan mencoba untuk melakukan hal-hal yang menyimpang dari jalan standar. It needs to take additional risks and invest for long term gains. Perlu mengambil risiko tambahan dan berinvestasi untuk keuntungan jangka panjang. All of these do not show up positively on the balance sheet or the income statement, in fact these show up as additional expenses. Semua ini tidak muncul secara positif pada neraca atau laporan laba rugi, bahkan menunjukkan ini sebagai biaya tambahan. However, these expenses are mandatory for an entity to establish its leadership in the industry and expand its market share. Namun, biaya ini juga wajib untuk entitas untuk membangun kepemimpinan dalam industri dan memperluas pangsa pasar.
Hence though financial statements provide a good picture of the economic standing of an entity, it is important to understand its limitations and work around them to make sound decisions. Oleh karena itu meskipun laporan keuangan memberikan gambaran yang baik dari berdiri ekonomi suatu entitas, penting untuk memahami keterbatasan dan bekerja di sekitar mereka untuk membuat keputusan suara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar